BAHASA ARAB (UMUM) MA PEMINATAN IPA, IPS, BAHASA, KEAGAMAAN DAN MA
KEJURUAN KELAS X SEMESTER GANJIL
KMA 183 TAHUN 2019 HALAMAN 386
KOMPETENSI INTI 1 SIKAP SPIRITUAL |
KOMPETENSI INTI 2 SIKAP SOSIAL |
KOMPETENSI INTI 3 PENGETAHUAN |
KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN |
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia |
3.
Memahami,menerapkan,
dan Menganalisis pengetahuan faktual, konsep
tual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalamranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidahkeilmuan |
1.1 Meyakini bahwa bahasa Arab
merupakan bahasa pengantar memahami ajaran Islam |
2.1 Mengamalkan perilaku peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai) dalam berkomunikasi dengan lingkungan social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia |
3.1 Memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : التحيات
والتعارف yang melibatkan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berterimakasih, dan berpamitan dengan memperhatikan تقسيم
الكلمة - الأرقام 100 - 1 |
4.1 Mendemonstrasikan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berpamitan dengan memperhatikan تقسيم
الكلمة - الأرقام 100 – 1 baik secara lisan maupun tulisan. |
1.2
Mengamalkan kemampuan berbahasa
untuk hal-hal yang
baik sebagai wujud syukur
a tas anugerah Allah Swt. |
2.2
Mengamalkan perilaku jujur dalam
berkomunikasi dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia Menunjukkan perilaku disiplin dalam berkomunikasi dengan lingkungan
social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia. |
3.2
Menganalisis gagasan dari teks
bahasa Arab yang berkaitan
dengan tema : التحيات والتعارف (التحيات , البيانات الشخصية, تعريف بالنفس وبالغير) dengan
memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari تقسيم
الكلمة - الأرقام 100 - 1 |
4.2
Menyajikan hasil analisis gagasan
dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan tema التحيات والتعارف (التحيات , البيانات الشخصية, تعريف بالنفس وبالغير) dengan
memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari تقسيم
الكلمة - الأرقام 100 - 1 |
1.3 Menyadari
bahwa bahasa Arab
merupakan anugerah Allah
sebagai alat komunikasi. |
2.3 Mengamalkan
perilaku santun
dalam berkomunikasi
dengan lingkungan
social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia. |
3.3
Memahami fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan
(bunyi, kata, dan
makna) dari teks yang berkaitan
dengan tema: الأسرة والبيت (أعضاء
الأسرة , أجزاء البيت) Yang
melibatkan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan. |
4.3
Mendemonstrasikan tindak tutur
menanyakan hubungan
keluarga dan menyatakan
keinginan dengan
memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari
susunan gramatikal الضمير (المنفصل ,المتصل) baik
secara lisan maupun tulisan. |
1.4
Menghayati bahasa Arab sebagai
anugerah Allah untuk
mengkaji khazanah keislaman. |
2.4 Mengamalkan
perilaku disiplin
dalam berkomunikasi
dengan lingkungan
sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia. |
3.4
Menerapkan kaidah tentang bentuk,
makna dan fungsi dari
susunan gramatikal الضمير (المنفصل
,المتصل) dalam
menyususn teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan tema : الأسرة والبيت (أعضاء
الأسرة , أجزاء البيت) |
4.4 Menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الأسرة والبيت (أعضاء
الأسرة , أجزاء البيت) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan
fungsi dari susunan
gramatikal الضمير (المنفصل
,المتصل) baik
secara lisan maupu tulisan. |
1 .5
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab
sebagai bahasa pengantar
koomunikasi internasional
yang diwujudkan
dalam semangat
belajar. |
2.5 Mengamalkan
perilaku pro- aktif
dalam berkomunikasi dengan
lingkungan social dan
alam dalam jangkauan pergaulan dunia. |
3.5 Memahami
fungsi sosial, struktur teks
dan unsur kebahasaan
(bunyi, kata, dan makna)
dari teks yang berkaitan
dengan tema: المدرسة (مرافق
المدرسة, الأداوات المدرسية, الأنشطة فى المدرسة) yang
melibatkan tindak tutur memberi perintah, melarang dan meminta izin dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal المفرد والمثنى والجمع |
4.5
Mendemonstrasikan tindak tutur
memberi perintah, melarang
dan meminta izin dengan
memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari
susunan gramatikal المفرد والمثنى والجمع baik
secara lisan maupun tulisan. |
1.6
Menghargai bahwa bahasa Arab
adalah bahasa yang digunakan
oleh ulama terdahulu |
2.6
Mengamalkan perilaku responsif
dalam berkomunikasi
dengan lingkungan
social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia |
3.6
Mengevaluasi teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan tema
: المدرسة (مرافق
المدرسة, الأداوات المدرسية, الأنشطة فى المدرسة) dengan
memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari
susunan gramatikal المفرد والمثنى والجمع
|
4.6
Menyajikan hasil evaluasi teks
bahasa Arab yang berkaitan
dengan tema المدرسة (مرافق
المدرسة, الأداوات المدرسية, الأنشطة فى المدرسة) dengan
memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari
susunan gramatikal المفرد
والمثنى والجمع baik
secara lisan maupun tulisan. |
Ungkapan komunikatif: عبارات الطلب والأمر الإستعانة: [جِهز المأكولات من فضلك] [إمسح السبورة لو
سمحت] [خذ معك هذه الصورة] [يا أستاذ اسمح لي بالسؤال] [لو سمحت كرّر الشرح يا
أستاذنا الغالي] طلب الحضور: [تعال يا أحمد. تعالي يا فاطمة] [يا أحمد
ادع لي إبراهيم] [يا أخي ناد عبد العزيز] الأمر بالمبادرة: [أخبر أمك حالا] [عد مكانك] [قل بالصراحة]
[إذهب واستآذن من أبيك] أسلوب النهي التنبيه: [لا تخالف نظام المدرسة على الدوام] [لا
تسرف فى الأفعال والأموال] [لا تزعج الإخوان] [لا تنم فى المسجد] التحذير: [لا تسرع فى الكلام] [إياك وإلياس] [لا
تزعج الإخوان] [تمهل فى السير] [خفف السرعة]
|
SILABUS
NEW NORMAL (KURIKULUM DARURAT)
Kompetensi
Dasar, Materi Pembelajaran, Materi Esensial dan Non Esensial
MATA
PELAJARAN : BAHASA
ARAB (KMA No 183 – 184 Thn 2019)
KEAS :
X Wajib
SEMESTER : 1 dan
2
ALOKASI
WAKTU : 124 JP
MINGGU
EFEKTIF Smtr 1 : 16 Minggu
MINGGU
EFEKTIF Smtr 2 : 15 Minggu (Kls X dan XI)
JUMLAH
JP TIAP MINGGU : 4
KKOOO KOMPETENSI DASAR |
MATERI
PEMBELAJARAN |
KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
MATERI |
|
Semester
1 |
|
|
ESENSIAL |
NON
ESENSIAL |
3.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : التحيات والتعارف yang
melibatkan tindak tutur mengenalkan
diri dan orang lain, meminta maaf, berterimakasih, dan berpamitan dengan
memperhatikan تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100 4.1 Mendemonstrasikan tindak
tutur mengenalkan diri dan orang lain,
meminta maaf, berpamitan dengan memperhatikan تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100 baik secara lisan maupun tulisan.
|
·
التحيات الاستماع إلى الحوار عن ·
التعارف الاستماع إلى الحوار عن ·
التحيات الكلام عن ·
التعارف الكلام عن ·
التعارف فهم نص القراءة عن ·
فهم القاعدة عن تقسيم الكلمة و الأرقام من 1 - 100
Alokasi Waktu 12 JP |
KBM Daring KBM Daring Mandiri Mandiri KBM Daring KBM Daring
|
√ √
√ √ |
|
3.2 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan tema :
التحيات والتعارف (التحيات، البيانات الشخصية، التعريف
بالنفس وبالغير) dengan memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100 4.2
Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks bahasa
Arab yang berkaitan dengan tema التحيات والتعارف ( التحيات، البيانات الشخصية، تعريف بالنفس وبالغير) dengan memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100
|
·
تحليل
التحيات، البيانات الشخصية، التعريف بالنفس وبالغير وفهمها ·
كتابة تعبير
بسيط عن التحيات، البيانات الشخصية، التعريف بالنفس وبالغير ·
كتابة تعبير
بسيط فيه أقسام الكلمات والأرقام من 1 - 100
Alokasi
Waktu 10 JP |
Penugasan
Penugasan
Penugasan |
|
|
3.3 Memahami
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema: الأسرة والبيت (أعضاء الأسرة، أجزاء البيت) Yang melibatkan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan. 4.3 Mendemonstrasikan tindak
tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal الضمير
(المنفصل، المتصل) baik secara lisan maupun tulisan.
|
·
الأسرة الاستماع إلى الحوار عن ·
البيت الاستماع إلى الحوار عن ·
الأسرة الكلام عن ·
البيت الكلام عن ·
الأسرة والبيت فهم نص القراءة عن ·
فهم القاعدة عن ضمير المنفصل والمتصل
Alokasi
Waktu 12 JP |
KBM Daring KBM Daring Mandiri Mandiri KBM Daring KBM Daring
|
√ √
√ √ |
|
3.4 Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal الضمير
(المنفصل، المتصل)
dalam
menyususn teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الأسرة والبيت (أعضاء الأسرة، أجزاء البيت)
|
·
تطبيق
القاعدة (ضمير المنفصل والمتصل) في تراكيب الجملة ·
وضع تعبير
بسيط عن الأسرة والبيت فيه ضمير المنفصل والمتصل
|
Penugasan
Penugasan
|
|
|
4.4 Menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema
الأسرة والبيت (أعضاء الأسرة، أجزاء البيت) dengan memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari susunan gramatikal
الضمير
(المنفصل، المتصل) baik secara lisan maupun
tulisan. |
·
كتابة تعبير
موجّه عن الأسرة والبيت
Alokasi Waktu 10 JP |
Penugasan
|
|
|
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang
berkaitan dengan tema: المدرسة (مرافق
المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة) yang
melibatkan tindak tutur memberi perintah, melarang dan meminta izin dengan memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari susunan gramatikal
المفرد
والمثنى والجمع 4.5 Mendemonstrasikan
tindak tutur memberi perintah,
melarang dan meminta izin dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal المفرد
والمثنى والجمع baik secara lisan maupun tulisan |
·
المدرسة الاستماع إلى الحوار عن ·
الأنشطة في المدرسة الاستماع إلى الحوار عن ·
المدرسة الكلام عن ·
الأنشطة في المدرسة الكلام عن ·
المدرسة فهم نص القراءة عن ·
المدرسة فهم نص القراءة عن مرافق ·
فهم القاعدة عن المفرد والمثنّى والجمع
Alokasi
Waktu 12 JP |
KBM Daring KBM Daring Mandiri Mandiri KBM Daring KBM Daring KBM Daring |
√ √
√ √ √
|
|
3.6 Mengevaluasi teks bahasa Arab yang
berkaitan dengan tema : المدرسة (مرافق
المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal المفرد
والمثنى والجمع 4.6 Menyajikan
hasil evaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema المدرسة (مرافق
المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal المفرد
والمثنى والجمع baik secara lisan maupun
tulisan. |
·
تحليل نص
القراءة عن المدرسة، مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة ·
وضع تعبير بسيط
عن المدرسة ومرافقها ·
كتابة تعبير
بسيط عن الأنشطة في المدرسة ·
كتابة تعبير
موجّه فيه صيغة الإفراد والمثنّى والجمع
Alokasi
Waktu 8 JP |
Penugasan
Penugasan
Penugasan
Penugasan
|
|
|
Semester 2 |
|
|
|
|
3.7 Memahami
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema: الحياة
اليومية (الأنشطة اليومية – الساعة - العبادة
اليومية) yang melibatkan tindak tutur mengucapkan selamat dan
meresponnya dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal أقسام
الفعل - المذكر والمؤنث
4.7 Mendemonstrasikan tindak
tutur yang melibatkan tindak tutur mengucapkan selamat dan meresponnya dengan memperhatikan bentuk, makna dan
fungsi dari susunan gramatikal أقسام
الفعل - المذكر والمؤنث baik secara lisan maupun tulisan.
|
·
الحياة اليومية الاستماع إلى الحوار عن ·
الأنشطة اليومية الاستماع إلى الحوار عن ·
الحياة اليومية الكلام عن ·
الأنشطة اليومية الكلام عن ·
الحياة اليومية فهم نص القراءة عن ·
الأنشطة اليومية فهم نص القراءة عن ·
فهم القاعدة عن أقسام الفعل والمذكر والمؤنث
Alokasi
Waktu 12 JP |
KBM Daring KBM Daring Mandiri Mandiri KBM Daring KBM Daring KBM Daring |
√ √
√ √ √
|
|
3.8 Menganalisis
gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الحياة اليومية (الأنشطة
اليومية – الساعة - العبادة اليومية) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal أقسام
الفعل - المذكر والمؤنث
4.8 Menilai hasil analisis gagasan dari teks
bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الحياة
اليومية (الأنشطة البومية – الساعة - العبادة
اليومية) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal أقسام
الفعل - المذكر والمؤنث baik secara lisan maupun
tulisan. |
·
تحليل نص
القراءة عن الحياة اليومية، الأنشطة اليومية ·
وضع تعبير بسيط
عن الحياة اليومية ·
كتابة تعبير
بسيط عن الأنشطة في الأنشطة اليومية ·
كتابة تعبير
موجّه فيه أقسام الفعل والمذكر والمؤنث
Alokasi
Waktu 8 JP |
Penugasan
Penugasan Penugasan
Penugasan
|
|
|
3.9 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema: الهواية (أنواع
الهواية، الترويح في الإسلام) yang melibatkan tindak tutur mengemukakan pendapat
dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal أدوات
الاستفهام
4.9 Mendemonstrasikantindak
tutur mengemukakan pendapat dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi
dari susunan gramatikal.
أدوات
الاستفهام baik secara lisan maupun tulisan.
|
·
الهواية الاستماع إلى الحوار عن ·
الترويح في الإسلام الاستماع إلى الحوار عن ·
الهواية الكلام عن ·
الترويح في الإسلام الكلام عن ·
الهواية فهم نص القراءة عن ·
فهم نص القراءة عن الترويح في الإسلام ·
فهم القاعدة عن أدوات الاستفهام
Alokasi
Waktu 12 JP |
KBM Daring KBM Daring Mandiri Mandiri KBM Daring KBM Daring KBM Daring |
√ √
√ √ √
|
|
3.10 Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal أدوات الاستفهام dalam menyusun
teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الهواية (أنواع الهواية، الترويح في الإسلام) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari أدوات
الاستفهام
4.10 Menyusun teks
bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الهواية (أنواع هواية، الترويح في الإسلام) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal أدوات
الاستفهام baik secara lisan maupun
tulisan. |
·
تطبيق
القاعدة (أدوات الاستفهام) في تراكيب الجمل ·
وضع تعبير بسيط
عن الهواية ·
كتابة تعبير
بسيط عن الترويح في الإسلام ·
كتابة تعبير
موجّه على شكل الحوار فيه قاعدة أدوات الاستفهام وأنواعها
Alokasi
Waktu 8 JP |
Penugasan
Penugasan Penugasan
Penugasan
|
|
|
3.11 Memahami
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari
teks yang berkaitan dengan tema: الطعام
والشراب (الأطعمة والمشروبات، الفواكه والخضروات) yang melibatkan tindak tutur meminta perhatian dan
memberi pengumuman dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal ظرف المكان وظرف الزمان
4.11 Mendemonstrasikan tindak
tutur meminta perhatian dan memberi pengumuman dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatika ظرف المكان وظرف
الزمان baik secara lisan maupun tulisan.
|
·
الطعام والشراب الاستماع إلى الحوار عن ·
الغذاء الصحّي الاستماع إلى الحوار عن ·
الطعام والشراب الكلام عن ·
الغذاء الصحّي الكلام عن ·
الطعام والشراب فهم نص القراءة عن ·
فهم نص القراءة عن الغذاء الصحّي ·
فهم القاعدة عن ظرف الزمان وظرف المكان
Alokasi
Waktu 12 JP |
KBM Daring KBM Daring Mandiri Mandiri KBM Daring KBM Daring KBM Daring |
√ √
√ √ √
|
|
3.12
Mengevaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الطعام والشراب (الأطعمة
والمشروبات، الفواكه والخضروات) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal ظرف المكان
وظرف الزمان
4.12 Menyajikan
hasil analisis gagasan dari
teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الطعام
والشراب (الأطعمة والمشروبات، الفواكه والخضروات) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal ظرف المكان وظرف الزمان baik secara lisan maupun tulisan.
|
·
تحليل نص
القراءة عن الطعام والشراب والفواكه
والخضروات ·
وضع تعبير بسيط
عن الغذاء الصحّي ·
كتابة تعبير
بسيط عن الطعام والشراب والفواكه والخضروات ·
كتابة تعبير
موجّه فيه ظرف الزمان وظرف المكان
Alokasi
Waktu 8 JP |
Penugasan
Penugasan Penugasan
Penugasan
|
|
|
..................................,....................2020
Mengetahui
Kepala
MA ................................ Guru Mapel Bahasa Arab
..................................................... ......................................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar