Rabu, 15 Juli 2020

KI KD BAHASA ARAB KELAS X SMTR I

BAHASA ARAB (UMUM) MA PEMINATAN IPA, IPS, BAHASA, KEAGAMAAN DAN MA KEJURUAN KELAS X SEMESTER GANJIL

KMA 183 TAHUN 2019 HALAMAN 386

KOMPETENSI INTI 1

SIKAP SPIRITUAL

KOMPETENSI INTI 2

SIKAP SOSIAL

KOMPETENSI INTI 3

PENGETAHUAN

KOMPETENSI INTI 4

KETERAMPILAN

1.      Menghayati dan mengamalkan

ajaran agama yang dianutnya

2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun,

responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas

berbagai permasalahan dalam

berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3.      Memahami,menerapkan, dan

Menganalisis pengetahuan faktual, konsep tual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalamranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidahkeilmuan

1.1 Meyakini bahwa bahasa Arab merupakan bahasa pengantar memahami ajaran Islam

2.1 Mengamalkan perilaku peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) dalam berkomunikasi dengan

lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia

3.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang

berkaitan dengan tema :

التحيات والتعارف

yang melibatkan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berterimakasih, dan

berpamitan dengan memperhatikan

  تقسيم الكلمة  - الأرقام  100 - 1

4.1 Mendemonstrasikan tindak

tutur mengenalkan diri

dan orang lain, meminta

maaf, berpamitan dengan

memperhatikan

تقسيم الكلمة  - الأرقام  100 – 1

 

baik secara lisan maupun

tulisan.

1.2 Mengamalkan kemampuan

berbahasa untuk hal-hal

yang baik sebagai wujud

syukur a tas anugerah Allah

Swt.

2.2 Mengamalkan perilaku jujur

dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia Menunjukkan perilaku disiplin dalam berkomunikasi dengan

lingkungan social dan alam

dalam jangkauan pergaulan

dunia.

3.2 Menganalisis gagasan dari

teks bahasa Arab yang

berkaitan dengan tema :

التحيات والتعارف  (التحيات , البيانات الشخصية, تعريف بالنفس وبالغير)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari

تقسيم الكلمة  - الأرقام  100 - 1

4.2 Menyajikan hasil analisis

gagasan dari teks bahasa

Arab yang berkaitan dengan

tema

التحيات والتعارف  (التحيات , البيانات الشخصية, تعريف بالنفس وبالغير)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari

تقسيم الكلمة  - الأرقام  100 - 1

1.3 Menyadari bahwa bahasa

Arab merupakan anugerah

Allah sebagai alat

komunikasi.

2.3 Mengamalkan perilaku

santun dalam

berkomunikasi dengan

lingkungan social dan alam

dalam jangkauan pergaulan

dunia.

3.3 Memahami fungsi sosial,

struktur teks dan unsur

kebahasaan (bunyi, kata,

dan makna) dari teks yang

berkaitan dengan tema:

الأسرة والبيت  (أعضاء الأسرة , أجزاء البيت)

Yang melibatkan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan.

4.3 Mendemonstrasikan tindak

tutur menanyakan

hubungan keluarga dan

menyatakan keinginan

dengan memperhatikan

bentuk, makna dan fungsi

dari susunan gramatikal

الضمير  (المنفصل ,المتصل)

baik secara lisan maupun

tulisan.

1.4 Menghayati bahasa Arab

sebagai anugerah Allah

untuk mengkaji khazanah

keislaman.

2.4 Mengamalkan perilaku

disiplin dalam

berkomunikasi dengan

lingkungan sosial dan alam

dalam jangkauan pergaulan

dunia.

3.4 Menerapkan kaidah tentang

bentuk, makna dan fungsi

dari susunan gramatikal

الضمير  (المنفصل ,المتصل)

dalam menyususn teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الأسرة والبيت  (أعضاء الأسرة , أجزاء البيت)

4.4 Menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema

الأسرة والبيت  (أعضاء الأسرة , أجزاء البيت)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

الضمير  (المنفصل ,المتصل)

baik secara lisan maupu tulisan.

1 .5 Mensyukuri kesempatan

dapat mempelajari bahasa

Arab sebagai bahasa

pengantar koomunikasi internasional yang

diwujudkan dalam

semangat belajar.

2.5 Mengamalkan perilaku pro-

aktif dalam berkomunikasi

dengan lingkungan social

dan alam dalam jangkauan

pergaulan dunia.

3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:

المدرسة  (مرافق المدرسة, الأداوات المدرسية, الأنشطة فى المدرسة)

yang melibatkan tindak tutur memberi perintah, melarang dan meminta izin dengan  memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

المفرد والمثنى والجمع

4.5 Mendemonstrasikan tindak

tutur memberi perintah,

melarang dan meminta izin

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi

dari susunan gramatikal

المفرد والمثنى والجمع

baik secara lisan maupun tulisan.

1.6 Menghargai bahwa bahasa

Arab adalah bahasa yang

digunakan oleh ulama

terdahulu

 

2.6 Mengamalkan perilaku

responsif dalam

berkomunikasi dengan

lingkungan social dan alam

dalam jangkauan pergaulan

dunia

 

3.6 Mengevaluasi teks bahasa

Arab yang berkaitan dengan

tema :

المدرسة  (مرافق المدرسة, الأداوات المدرسية, الأنشطة فى المدرسة)

dengan memperhatikan

bentuk, makna dan fungsi

dari susunan gramatikal

المفرد والمثنى والجمع

4.6 Menyajikan hasil evaluasi

teks bahasa Arab yang

berkaitan dengan tema

المدرسة  (مرافق المدرسة, الأداوات المدرسية, الأنشطة فى المدرسة)

dengan memperhatikan

bentuk, makna dan fungsi

dari susunan gramatikal

المفرد والمثنى والجمع

baik secara lisan maupun

tulisan.

Ungkapan komunikatif:

عبارات الطلب والأمر

الإستعانة:

[جِهز المأكولات من فضلك] [إمسح السبورة لو سمحت] [خذ معك هذه الصورة] [يا أستاذ اسمح لي بالسؤال] [لو سمحت كرّر الشرح يا أستاذنا الغالي]

طلب الحضور:

[تعال يا أحمد. تعالي يا فاطمة] [يا أحمد ادع لي إبراهيم] [يا أخي ناد عبد العزيز]

الأمر بالمبادرة:

[أخبر أمك حالا] [عد مكانك] [قل بالصراحة] [إذهب واستآذن من أبيك]

 

أسلوب النهي

التنبيه:

[لا تخالف نظام المدرسة على الدوام] [لا تسرف فى الأفعال والأموال] [لا تزعج الإخوان] [لا تنم فى المسجد]

التحذير:

[لا تسرع فى الكلام] [إياك وإلياس] [لا تزعج الإخوان] [تمهل فى السير] [خفف السرعة]


SILABUS NEW NORMAL (KURIKULUM DARURAT)

Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, Materi Esensial dan Non Esensial

 

MATA PELAJARAN                         : BAHASA ARAB (KMA No 183 – 184 Thn 2019)

KEAS                                                  : X Wajib

SEMESTER                                        : 1 dan 2

ALOKASI WAKTU                           : 124 JP

MINGGU EFEKTIF Smtr 1              : 16 Minggu

MINGGU EFEKTIF Smtr 2              : 15 Minggu (Kls X dan XI)

JUMLAH JP TIAP MINGGU           : 4

 

KKOOO      KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

MATERI

Semester 1

 

 

ESENSIAL

NON ESENSIAL

3.1  Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema :

التحيات والتعارف

       yang melibatkan tindak tutur  mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf,  berterimakasih, dan berpamitan dengan memperhatikan

 تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100

 

4.1  Mendemonstrasikan tindak tutur  mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berpamitan dengan memperhatikan

 تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100

 baik secara lisan maupun tulisan.

 

·     التحيات  الاستماع إلى الحوار عن

·     التعارف الاستماع إلى الحوار عن

·     التحيات الكلام عن

·     التعارف الكلام عن

·     التعارف فهم نص القراءة عن

·     فهم القاعدة عن تقسيم الكلمة و الأرقام من 1 - 100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 12 JP

KBM Daring

KBM Daring

Mandiri

Mandiri

KBM Daring

KBM Daring

 

 

 

 

3.2  Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

 

التحيات والتعارف (التحيات، البيانات الشخصية، التعريف بالنفس وبالغير)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari

 

تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100

4.2  Menyajikan  hasil analisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema  

التحيات والتعارف ( التحيات، البيانات الشخصية، تعريف بالنفس وبالغير)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari

تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100

 

·        تحليل التحيات، البيانات الشخصية، التعريف بالنفس وبالغير وفهمها

·       كتابة تعبير بسيط عن التحيات، البيانات الشخصية، التعريف بالنفس وبالغير

·       كتابة تعبير بسيط فيه أقسام الكلمات والأرقام من 1 - 100

 

Alokasi Waktu 10 JP

Penugasan

 

 

Penugasan

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

3.3  Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:

الأسرة والبيت (أعضاء الأسرة، أجزاء البيت)

Yang melibatkan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan.

4.3 Mendemonstrasikan tindak tutur menanyakan  hubungan keluarga dan menyatakan keinginan

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

الضمير (المنفصل، المتصل)

baik secara lisan maupun tulisan.

 

·     الأسرة  الاستماع إلى الحوار عن

·     البيت الاستماع إلى الحوار عن

·     الأسرة الكلام عن

·     البيت الكلام عن

·     الأسرة والبيت فهم نص القراءة عن

·     فهم القاعدة عن ضمير المنفصل والمتصل

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 12 JP

KBM Daring

KBM Daring

Mandiri

Mandiri

KBM Daring

KBM Daring

 

 

 

 

3.4  Menerapkan kaidah tentang  bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

الضمير (المنفصل، المتصل)

 

dalam menyususn teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الأسرة والبيت (أعضاء الأسرة، أجزاء البيت)

 

·       تطبيق القاعدة (ضمير المنفصل والمتصل) في تراكيب الجملة

·       وضع تعبير بسيط عن الأسرة والبيت فيه ضمير المنفصل والمتصل

 

Penugasan

 

Penugasan

 

 

 

4.4  Menyusun  teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema  

الأسرة والبيت (أعضاء الأسرة، أجزاء

البيت)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

الضمير (المنفصل، المتصل)

baik secara lisan maupun tulisan.

·     كتابة تعبير موجّه عن الأسرة والبيت

 

Alokasi Waktu 10 JP

Penugasan

 

 

 

3.5  Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks  yang berkaitan dengan tema:

المدرسة (مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة)

yang melibatkan tindak tutur memberi perintah, melarang dan meminta izin 

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

المفرد والمثنى والجمع

4.5  Mendemonstrasikan tindak tutur  memberi perintah, melarang dan meminta izin  dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

المفرد والمثنى والجمع

baik secara lisan maupun tulisan

 

·     المدرسة  الاستماع إلى الحوار عن

·     الأنشطة في المدرسة الاستماع إلى الحوار عن

·     المدرسة الكلام عن

·     الأنشطة في المدرسة الكلام عن

·     المدرسة فهم نص القراءة عن

·     المدرسة فهم نص القراءة عن مرافق

·     فهم القاعدة عن المفرد والمثنّى والجمع

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 12 JP

KBM Daring

KBM Daring

Mandiri

Mandiri

KBM Daring

KBM Daring

KBM Daring

 

 

 

 

 

 

 

 

3.6  Mengevaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

المدرسة (مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

المفرد والمثنى والجمع

4.6  Menyajikan hasil evaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema  

المدرسة (مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

المفرد والمثنى والجمع

baik secara lisan maupun tulisan.

·        تحليل نص القراءة عن المدرسة، مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة

·        وضع تعبير بسيط عن المدرسة ومرافقها

·        كتابة تعبير بسيط عن الأنشطة في المدرسة

·       كتابة تعبير موجّه فيه صيغة الإفراد والمثنّى والجمع

 

 

 

 

Alokasi Waktu 8 JP

Penugasan

 

 

Penugasan

 

Penugasan

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

Semester 2

 

 

 

 

3.7   Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:

الحياة اليومية (الأنشطة اليومية – الساعة - العبادة اليومية)

 yang melibatkan tindak tutur mengucapkan selamat dan meresponnya  

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

أقسام الفعل - المذكر والمؤنث

 

4.7  Mendemonstrasikan tindak tutur yang melibatkan tindak tutur mengucapkan selamat dan meresponnya   dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

أقسام الفعل - المذكر والمؤنث

baik secara lisan maupun tulisan.

 

·     الحياة اليومية  الاستماع إلى الحوار عن

·     الأنشطة اليومية الاستماع إلى الحوار عن

·     الحياة اليومية الكلام عن

·     الأنشطة اليومية الكلام عن

·     الحياة اليومية فهم نص القراءة عن

·     الأنشطة اليومية فهم نص القراءة عن

·     فهم القاعدة عن أقسام الفعل والمذكر والمؤنث

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 12 JP

KBM Daring

KBM Daring

Mandiri

Mandiri

KBM Daring

KBM Daring

KBM Daring

 

 

 

 

 

 

 

 

3.8  Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الحياة اليومية (الأنشطة اليومية – الساعة - العبادة اليومية)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

أقسام الفعل - المذكر والمؤنث

 

4.8   Menilai hasil analisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema  

الحياة اليومية (الأنشطة البومية – الساعة - العبادة اليومية)

 

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

أقسام الفعل - المذكر والمؤنث

baik secara lisan maupun tulisan.

·        تحليل نص القراءة عن الحياة اليومية، الأنشطة اليومية

·        وضع تعبير بسيط عن الحياة اليومية

·        كتابة تعبير بسيط عن الأنشطة في الأنشطة اليومية

·       كتابة تعبير موجّه فيه أقسام الفعل والمذكر والمؤنث

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 8 JP

Penugasan

 

Penugasan

Penugasan

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

3.9   Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:

الهواية (أنواع الهواية، الترويح في الإسلام)

 yang melibatkan tindak tutur mengemukakan pendapat dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

أدوات الاستفهام

 

4.9  Mendemonstrasikantindak tutur mengemukakan pendapat dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal.

 

أدوات الاستفهام

baik secara lisan maupun tulisan.

 

·     الهواية  الاستماع إلى الحوار عن

·     الترويح في الإسلام الاستماع إلى الحوار عن

·     الهواية الكلام عن

·     الترويح في الإسلام الكلام عن

·     الهواية فهم نص القراءة عن

·      فهم نص القراءة عن الترويح في الإسلام

·     فهم القاعدة عن أدوات الاستفهام

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 12 JP

KBM Daring

KBM Daring

Mandiri

Mandiri

KBM Daring

KBM Daring

KBM Daring

 

 

 

 

 

 

 

 

3.10 Menerapkan kaidah tentang  bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

أدوات الاستفهام

 dalam menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الهواية (أنواع الهواية، الترويح في الإسلام)

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari

أدوات الاستفهام

 

4.10 Menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema  

الهواية (أنواع هواية، الترويح في الإسلام)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

أدوات الاستفهام

baik secara lisan maupun tulisan.

·       تطبيق القاعدة (أدوات الاستفهام) في تراكيب الجمل

·        وضع تعبير بسيط عن الهواية

·        كتابة تعبير بسيط عن الترويح في الإسلام

·       كتابة تعبير موجّه على شكل الحوار فيه قاعدة أدوات الاستفهام وأنواعها 

 

Alokasi Waktu 8 JP

Penugasan

 

Penugasan

Penugasan

 

Penugasan

 

 

 

3.11  Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna)  dari teks  yang berkaitan dengan tema:

الطعام والشراب (الأطعمة والمشروبات، الفواكه والخضروات)

yang melibatkan tindak tutur meminta perhatian dan memberi pengumuman

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

ظرف  المكان وظرف الزمان

 

4.11 Mendemonstrasikan tindak tutur meminta perhatian dan memberi pengumuman

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatika

ظرف المكان وظرف الزمان

baik secara lisan maupun tulisan.

 

·     الطعام والشراب الاستماع إلى الحوار عن

·     الغذاء الصحّي الاستماع إلى الحوار عن

·     الطعام والشراب الكلام عن

·     الغذاء الصحّي الكلام عن

·     الطعام والشراب فهم نص القراءة عن

·     فهم نص القراءة عن الغذاء الصحّي

·     فهم القاعدة عن ظرف الزمان وظرف المكان

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 12 JP

KBM Daring

KBM Daring

Mandiri

Mandiri

KBM Daring

KBM Daring

KBM Daring

 

 

 

 

3.12  Mengevaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الطعام والشراب (الأطعمة والمشروبات، الفواكه والخضروات)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

ظرف  المكان وظرف الزمان

 

4.12  Menyajikan  hasil analisis gagasan  dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema  

الطعام والشراب (الأطعمة والمشروبات، الفواكه والخضروات)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

ظرف  المكان وظرف الزمان

baik secara lisan maupun tulisan.

 

·        تحليل نص القراءة عن الطعام والشراب والفواكه والخضروات

·        وضع تعبير بسيط عن الغذاء الصحّي

·        كتابة تعبير بسيط عن الطعام والشراب والفواكه والخضروات

·       كتابة تعبير موجّه فيه ظرف الزمان وظرف المكان

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 8 JP

Penugasan

 

Penugasan

Penugasan

 

Penugasan

 

 

 

 

                                                                                                ..................................,....................2020

Mengetahui                                                                             

Kepala MA ................................                                                         Guru Mapel Bahasa Arab

 

 

.....................................................                                           ......................................................

NIP.                                                                                         NIP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTEMUAN ke 3 BAHASA ARAB KELAS XI SMTR 1

  MATERI 3 BAHASA ARAB KELAS XI   QOWA'ID : ADAD dan MA'DUD  ( bag 1 )  Assalamualaikum wr wb Anak anak hari ini kita akan bel...