BAHASA ARAB (UMUM) MA PEMINATAN IPA, IPS, BAHASA, KEAGAMAAN DAN MA
KEJURUAN KELAS XI SEMESTER GENAP
KMA 183 TAHUN 2019 HALAMAN 400
KOMPETENSI INTI 1 SIKAP SPIRITUAL |
KOMPETENSI INTI 2 SIKAP SOSIAL |
KOMPETENSI INTI 3 PENGETAHUAN |
KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN |
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia |
3.
Memahami,menerapkan,
dan Menganalisis pengetahuan faktual, konsep
tual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalamranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidahkeilmuan |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
1.7 Meyakini bahwa bahasa Arab merupakan bahasa pengantar
memahami ajaran Islam |
2.7 Mengamalkan perilaku peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) dalam berkomunikasi
dengan lingkungan social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia |
3.7 Memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : الحج والعمرة (الحج والعمرة, مكة والمدينة) yang melibatkan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain,
meminta maaf, berterimakasih, dan berpamitan dengan memperhatikan تصريف
الفعل الماضي اللغوي |
4.7 Mendemonstrasikan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berpamitan dengan memperhatikan تصريف
الفعل الماضي اللغوي baik secara lisan maupun tulisan. |
1.8 Mengamalkan
kemampuan berbahasa
untuk hal-hal yang
baik sebagai wujud syukur
a tas anugerah Allah Swt. |
2.8 Mengamalkan
perilaku jujur dalam
berkomunikasi dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia Menunjukkan perilaku disiplin dalam berkomunikasi dengan lingkungan
social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia. |
3.8 Menganalisis
gagasan dari teks
bahasa Arab yang berkaitan
dengan tema : الحج والعمرة (الحج والعمرة, مكة والمدينة) dengan
memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari تصريف
الفعل الماضي اللغوي |
4.8Menilai hasil
analisis gagasan
dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan tema الحج والعمرة (الحج والعمرة, مكة والمدينة) dengan
memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari تصريف
الفعل الماضي اللغوي |
1.9 Menyadari
bahwa bahasa Arab
merupakan anugerah Allah
sebagai alat komunikasi. |
2.9Mengamalkan
perilaku santun
dalam berkomunikasi
dengan lingkungan
social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia. |
3.9 Memahami
fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan
(bunyi, kata, dan
makna) dari teks yang berkaitan
dengan tema: تكنولوجيا الإعلام والإتصال (الحاسوب, الجوال, الأونلاين) Yang
melibatkan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan. |
4.9 Mendemonstrasikan tindak tutur
menanyakan hubungan
keluarga dan menyatakan
keinginan dengan
memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari
susunan gramatikal تصريف الفعل الماضي اللغوي baik
secara lisan maupun tulisan. |
1.10Menghayati
bahasa Arab sebagai
anugerah Allah untuk
mengkaji khazanah keislaman. |
2.10 Mengamalkan
perilaku disiplin
dalam berkomunikasi
dengan lingkungan
sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia. |
3.10 Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa
Arab yang berkaitan
dengan tema : تكنولوجيا الإعلام والإتصال (الحاسوب, الجوال, الأونلاين) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan
fungsi dari susunan
gramatikal تصريف الفعل الماضي اللغوي |
4.10 Menajikan hasil evaluasi gagasan dari teks bahasa
Arab yang berkaitan
dengan tema : تكنولوجيا الإعلام والإتصال (الحاسوب, الجوال, الأونلاين) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan
fungsi dari susunan
gramatikal تصريف الفعل الماضي اللغوي baik
secara lisan maupu tulisan. |
1 .11 Mensyukuri
kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab
sebagai bahasa pengantar
koomunikasi internasional
yang diwujudkan
dalam semangat
belajar. |
2.11 Mengamalkan
perilaku pro- aktif
dalam berkomunikasi dengan
lingkungan social dan
alam dalam jangkauan pergaulan dunia. |
3.11 Memahami
fungsi sosial, struktur teks
dan unsur kebahasaan
(bunyi, kata, dan makna)
dari teks yang berkaitan
dengan tema: الأديان في
إندونيسيا (الأديان
والمعاهد, التسامح) yang
melibatkan tindak tutur memberi perintah, melarang dan meminta izin dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الجملة
الإسمية والجملة الفعلية |
4.11
Mendemonstrasikan tindak tutur
memberi perintah, melarang
dan meminta izin dengan
memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari
susunan gramatikal الجملة
الإسمية والجملة الفعلية baik
secara lisan maupun tulisan. |
1.12
Menghargai bahwa bahasa Arab
adalah bahasa yang digunakan
oleh ulama terdahulu |
2.12 Mengamalkan perilaku responsif
dalam berkomunikasi
dengan lingkungan
social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia |
3.12 Mengevaluasi
gagasan dari teks bahasa
Arab yang berkaitan
dengan tema: الأديان في
إندونيسيا (الأديان
والمعاهد, التسامح) dengan
memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari
susunan gramatikal الجملة
الإسمية والجملة الفعلية |
4.12 Menyajikan hasil evaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan
dengan tema الأديان في
إندونيسيا (الأديان
والمعاهد, التسامح) dengan
memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari
susunan gramatikal الجملة
الإسمية والجملة الفعلية baik
secara lisan maupun tulisan. |
Ungkapan komunikatif: [أدى والدي الحج فبل عامين] [يساعدنا
الجوال على الإتصال بصديقي] [يعالمنا
الإسلام التسامح والإخاء] تقدير إكرام المضيف [أتبعناكم
– شرفتمونا] |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar