BAHASA ARAB (UMUM) MA PEMINATAN IPA, IPS, BAHASA, KEAGAMAAN DAN MA
KEJURUAN KELAS XII SEMESTER GENAP
KMA 183 TAHUN 2019 HALAMAN 409
KOMPETENSI INTI 1 SIKAP SPIRITUAL |
KOMPETENSI INTI 2 SIKAP SOSIAL |
KOMPETENSI INTI 3 PENGETAHUAN |
KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN |
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia |
3.
Memahami,menerapkan,
dan Menganalisis pengetahuan faktual, konsep
tual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalamranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidahkeilmuan |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
1.7 Meyakini bahwa bahasa Arab merupakan bahasa pengantar
memahami ajaran Islam |
2.7 Mengamalkan perilaku peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) dalam berkomunikasi
dengan lingkungan social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia |
3.7 Memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : الحضارة
الإسلامية (الحضارة الإسلامية قديما وحديثا, علماء الإسلام) yang melibatkan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain,
meminta maaf, berterimakasih, dan berpamitan dengan memperhatikan الأسماء
الخمسة والأفعال الخمسة |
4.7 Mendemonstrasikan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berpamitan dengan memperhatikan الأسماء
الخمسة والأفعال الخمسة baik secara lisan maupun tulisan. |
1.8 Mengamalkan
kemampuan berbahasa
untuk hal-hal yang
baik sebagai wujud syukur
a tas anugerah Allah Swt. |
2.8 Mengamalkan
perilaku jujur dalam
berkomunikasi dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia Menunjukkan perilaku disiplin dalam berkomunikasi dengan lingkungan
social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia. |
3.8 Menganalisis
gagasan dari teks
bahasa Arab yang berkaitan
dengan tema : الحضارة
الإسلامية (الحضارة الإسلامية قديما وحديثا, علماء الإسلام) dengan
memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari الأسماء
الخمسة والأفعال الخمسة |
4.8Menyajikan
hasil analisis gagasan
dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan tema الحضارة
الإسلامية (الحضارة الإسلامية قديما وحديثا, علماء الإسلام) dengan
memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari الأسماء
الخمسة والأفعال الخمسة |
1.9 Menyadari
bahwa bahasa Arab
merupakan anugerah Allah
sebagai alat komunikasi. |
2.9Mengamalkan
perilaku santun
dalam berkomunikasi
dengan lingkungan
social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia. |
3.9 Memahami
fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan
(bunyi, kata, dan
makna) dari teks yang berkaitan
dengan tema: الدراسة فى الجامعة (الدراسة فى جامعات إندونيسيا, الدراسة
في خارج البلاد) Yang
melibatkan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan. |
4.9 Mendemonstrasikan tindak tutur
menanyakan hubungan
keluarga dan menyatakan
keinginan dengan
memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari
susunan gramatikal المضارع المرفوع والمضارع المنصوب
والمضارع المجزوم baik
secara lisan maupun tulisan. |
1.10Menghayati
bahasa Arab sebagai
anugerah Allah untuk
mengkaji khazanah keislaman. |
2.10 Mengamalkan
perilaku disiplin
dalam berkomunikasi
dengan lingkungan
sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia. |
3.10 Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa
Arab yang berkaitan dengan tema: الدراسة فى الجامعة (الدراسة فى جامعات إندونيسيا,
الدراسة في خارج البلاد) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal المضارع المرفوع والمضارع المنصوب
والمضارع المجزوم |
4.10 Menyajikan
hasil evaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan
dengan tema: الدراسة فى الجامعة (الدراسة فى جامعات إندونيسيا,
الدراسة في خارج البلاد) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan
fungsi dari susunan
gramatikal المضارع المرفوع والمضارع المنصوب
والمضارع المجزوم baik
secara lisan maupu tulisan. |
Ungkapan komunikatif: عبارة الرجاء [أرجو أن تعود إلينا سالما
غانما] [أرجو أن تصحب أولادك فى السفر – صاحبهم معي إن شاء الله] [لعلّ
نتيجة المقابلة طيبة اليوم – إن شاء الله] [ستجد العمل المناسب إن شاء الله] [نريد
بيئة خلية من التلوث – هذه رسالة بلادناو بعون الله] [ستعود
الحضارة الإسلامية إلى عصرها الذهبي إن شاء الله] عبارات إبدا الهدف : [لماذا
تغترب؟ - أغترب للدراسة – أغترب للعمل] [لماذا تريد التخصص فى العلوم العربية؟ -
سأكون مدرسا للغة العربية فى الجامعة إن شاء الله] |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar