Rabu, 15 Juli 2020

KI KD BAHASA ARAB KELAS XII

BAHASA ARAB (UMUM) MA PEMINATAN IPA, IPS, BAHASA, KEAGAMAAN DAN MA KEJURUAN KELAS XII SEMESTER GENAP

KMA 183 TAHUN 2019 HALAMAN 409

KOMPETENSI INTI 1

SIKAP SPIRITUAL

KOMPETENSI INTI 2

SIKAP SOSIAL

KOMPETENSI INTI 3

PENGETAHUAN

KOMPETENSI INTI 4

KETERAMPILAN

1.      Menghayati dan mengamalkan

ajaran agama yang dianutnya

2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun,

responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas

berbagai permasalahan dalam

berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3.      Memahami,menerapkan, dan

Menganalisis pengetahuan faktual, konsep tual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalamranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidahkeilmuan

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

1.7 Meyakini bahwa bahasa Arab merupakan bahasa pengantar memahami ajaran Islam

2.7 Mengamalkan perilaku peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) dalam berkomunikasi dengan

lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia

3.7 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang

berkaitan dengan tema :

الحضارة الإسلامية (الحضارة الإسلامية قديما وحديثا, علماء الإسلام)

yang melibatkan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berterimakasih, dan

berpamitan dengan memperhatikan

الأسماء الخمسة والأفعال الخمسة

4.7 Mendemonstrasikan tindak

tutur mengenalkan diri

dan orang lain, meminta

maaf, berpamitan dengan

memperhatikan

الأسماء الخمسة والأفعال الخمسة

 

baik secara lisan maupun

tulisan.

1.8 Mengamalkan kemampuan

berbahasa untuk hal-hal

yang baik sebagai wujud

syukur a tas anugerah Allah

Swt.

2.8 Mengamalkan perilaku jujur

dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia Menunjukkan perilaku disiplin dalam berkomunikasi dengan

lingkungan social dan alam

dalam jangkauan pergaulan

dunia.

3.8 Menganalisis gagasan dari

teks bahasa Arab yang

berkaitan dengan tema :

الحضارة الإسلامية (الحضارة الإسلامية قديما وحديثا, علماء الإسلام)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari

الأسماء الخمسة والأفعال الخمسة

 

4.8Menyajikan hasil analisis

gagasan dari teks bahasa

Arab yang berkaitan dengan

tema

الحضارة الإسلامية (الحضارة الإسلامية قديما وحديثا, علماء الإسلام)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari

الأسماء الخمسة والأفعال الخمسة

 

1.9 Menyadari bahwa bahasa

Arab merupakan anugerah

Allah sebagai alat

komunikasi.

2.9Mengamalkan perilaku

santun dalam

berkomunikasi dengan

lingkungan social dan alam

dalam jangkauan pergaulan

dunia.

3.9 Memahami fungsi sosial,

struktur teks dan unsur

kebahasaan (bunyi, kata,

dan makna) dari teks yang

berkaitan dengan tema:

الدراسة فى الجامعة (الدراسة فى جامعات إندونيسيا, الدراسة في خارج البلاد)

Yang melibatkan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan.

4.9 Mendemonstrasikan tindak

tutur menanyakan

hubungan keluarga dan

menyatakan keinginan

dengan memperhatikan

bentuk, makna dan fungsi

dari susunan gramatikal

المضارع المرفوع والمضارع المنصوب والمضارع المجزوم

baik secara lisan maupun

tulisan.

1.10Menghayati bahasa Arab

sebagai anugerah Allah

untuk mengkaji khazanah

keislaman.

2.10 Mengamalkan perilaku

disiplin dalam

berkomunikasi dengan

lingkungan sosial dan alam

dalam jangkauan pergaulan

dunia.

3.10 Mengevaluasi gagasan dari

teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:

الدراسة فى الجامعة (الدراسة فى جامعات إندونيسيا, الدراسة في خارج البلاد)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

المضارع المرفوع والمضارع المنصوب والمضارع المجزوم

 

4.10 Menyajikan hasil evaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang

berkaitan dengan tema:

 

الدراسة فى الجامعة (الدراسة فى جامعات إندونيسيا, الدراسة في خارج البلاد)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

المضارع المرفوع والمضارع المنصوب والمضارع المجزوم

baik secara lisan maupu tulisan.

Ungkapan komunikatif:

عبارة الرجاء

[أرجو أن تعود إلينا سالما غانما] [أرجو أن تصحب أولادك فى السفر – صاحبهم معي إن شاء الله]

 [لعلّ نتيجة المقابلة طيبة اليوم – إن شاء الله] [ستجد العمل المناسب إن شاء الله] [نريد بيئة خلية من التلوث – هذه رسالة بلادناو بعون الله] 

 [ستعود الحضارة الإسلامية إلى عصرها الذهبي إن شاء الله]

 

عبارات إبدا الهدف :

 [لماذا تغترب؟ - أغترب للدراسة – أغترب للعمل]

[لماذا تريد التخصص فى العلوم العربية؟ - سأكون مدرسا للغة العربية فى الجامعة إن شاء الله]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTEMUAN ke 3 BAHASA ARAB KELAS XI SMTR 1

  MATERI 3 BAHASA ARAB KELAS XI   QOWA'ID : ADAD dan MA'DUD  ( bag 1 )  Assalamualaikum wr wb Anak anak hari ini kita akan bel...